Selasa, 13 Mei 2008

Konsep Foto

Ide Kreatif & Pengembangan Konsep Visual
bahtiardwisusanto@gmail.com



Sebuah Pengantar Dasar
Istilah dan kata kreatif seringkali kita dengar dan ditemukan dalam proses penemuan dan pengembangan ide-ide. Apakah kita punya ide? Setiap manusia yang berpikir normal pasti mempunyai ide-ide yang akan bermuara pada gagasan dan konsep. Membicarakan tentang ide-ide kreatif merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:
  1. Selalu mencatat setiap terlahir ide-ide
  2. Berpikir sederhana dan simple
  3. Berani mencoba; mengungkapkan ide-ide
  4. Memperbanyak melihat hasil karya orang lain secara stimultan


Jika kita berada dalam wilayah pengembangan ide kreatif, keempat hal diatas menjadi dasar yang harus dilewati untuk pengembangan lebih lanjut. Terutama karena berada pada wilayah visual (photo), ini berarti perlu memperbanyak mengamati hal-hal yang mengandung unsur visual, baik komik, cerita, puisi, film, iklan, sistem tanda dan semua bentuk-bentuk visual.
Dalam pem-visualan fotografi tentunya ada beberapa hal yang patut dipersiapkan, misalnya :

  1. Tematik dan persoalan-persoalan yang akan disampaikan
  2. Teknis pembuatan, gunakan teknis dengan properti dan alat yang sesederhana mungkin
  3. Mencoba dengan hal baru, cara pandang berbeda dan atau belum pernah orang lain gunakan
  4. Biasakan dengan membuat catatan proses produksi dan design (skema) konsep

    Mengenai konsep umum dalam fotografi sebenarnya tidak ada konsep yang baku, persoalannya bagaimana kita memperkuat bacaan visual dan karya-karya yang telah ada. Minimal dapat memahami maksud dari pesan-pesan yang hadir secara fotografis atau pun yang tersirat didalamnya. Secara sederhana untuk memulai berkarya dalam fotografi dan menghasilkan out-put yang punya kecenderungan kuat, semestinya belajar memahami apa yang akan divisualkan dan tetaplah berpikir sederhana. Konotasi kata ”konsep” jangan terlalu didefinisikan secara ilmiah dan membebani untuk berkarya –jika dalam tahap pembelajaran.

    Men-design Konsep Pemotretan
    Sekarang kita coba mendeskripsikan sebuah design konsep pemotretan, pertama haruslah tahu untuk tujuan apa pemotretan tersebut, komersial (pesanan) atau untuk karya seni. Kedua, paham bagian-bagian pemvisualan yang harus ditemukan detailnya.

    Note:
    Evaluasi setiap hasil pemotretan dan temukan kesalahannya serta mengulangi dengan cara berbeda.



Selamat Berkarya

Tidak ada komentar: